PKM-Pelatihan Budi Daya Ulat Sutra Dengan Pakan Daun Singkong

Authors

  • Ani Mekaniwati Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Keywords:

budidaya, ulat sutra, daun singkong, pelatihan

Abstract

Selain daun murbei yang dapat dijadikan pakan ulat sutera, kita juga dapat memanfaatkan daun singkong sebagai pakan  alternatif. Jenis ulat sutera yang dapat dibudidayakan adalah jenis Cynthia Ricini. Jenis ulat sutera ini memegang peranan penting untuk  meningkatkan produktifitas petani, kualitas, kapasitas produksi pertanian  yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan  petani dalam suatu wilayah .

Tehnik budidaya ulat sutera jenis Cynthia Ricini ini belum sepenuhnya di adopsi oleh petani sebagai penduduk petani agro industry. Kain tenun hasil  budidaya ulat sutera pemakan daun singkong jika di bandingkan dengan kain sutera asal China, kualitasnya jauh lebih bagus. Hal ini juga dipengaruhi oleh siklus iklim yang ada di Indonesia. Pelatihan Budidaya Ulat Sutera Dengan Pakan Singkong ini merupakan program pengabdian masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pemahaman dan juga kemampuan para petani yang bergerak di bidang budidaya ulat sutera untuk dapat memiliki tambahan wawasan  untuk meningkatkan kesejahteraannya .

 

Kata Kunci: Budidaya ulat sutera, Cynthia Rinici

 

ABSTRACT

Apart from mulberry leaves, which can be used as feed for silkworms, we can also use cassava leaves as an alternative feed. The type of silkworm that can be cultivated is the Cynthia Ricini type. This type of silkworm plays an important role in increasing farmer productivity, quality, agricultural production capacity which has an impact on improving the economy and welfare of farmers in an area.

This Cynthia Ricini silkworm cultivation technique has not been fully adopted by farmers as agro-industrial farmer residents. The woven cloth cultivated by silkworms that eat cassava leaves, when compared with silk cloth from China, the quality is much better. This is also influenced by the climate cycle that exists in Indonesia. This Silkworm Cultivation Training with Cassava Feed is a community service program which is expected to provide understanding and also the ability of farmers engaged in silkworm cultivation to have additional insights to improve their welfare.

 

Keywords: Silkworm cultivation, Cynthia Rinici

Published

2021-04-24