Pendampingan Perhitungan HPP Bagi UMKM Kota Bogor

Authors

  • Rizal Riyadi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Robert Pius Pardede Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Keywords:

harga pokok penjualan, ukm, laporan keuangan

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM akan pentingnya perhitungan HPP untuk kelangsungan bisnis, kemudian melakukan pembinaan agar pelaku UMKM mencatat komponen biaya sebagai dasar perhitungan HPP. Pendampingan Perhitungan HPP bagi UMKM  untuk Peningkatan Omzet UMKM ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam menghitung HPP sehingga dapat menghitung dan menentukanharga jual dan  peningkatan omzetnya

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut digunakan beberapa metode pelatihan, yaitu: Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, dan Metode Simulasi. Metode simulasi ini sangat penting diberikan kepada para peserta pelatihan untuk memberikan kesempatan mempraktekan materi pelatihan yang diperoleh. Harapannya, diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan dan pemahaman yang telah diperoleh untuk membantu pelaku UMKM dalam mengelola usaha yang dijalankannya.

Evaluasi  proses pelatihan dilakukan dengan tanya jawab dan pengamatan selama proses pelatiha diselenggarakan.  Indikator  keberhasilan  selama proses pelatihan dilakukan, tim Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPPM) IBI Kesatuan melakukan penilaian terhadap keterlibatan dan kemampuan peserta pada setiap tahap pelatihan. Peserta cukup antusias dalam mengikuti acara tersebut, hal ini ditunjukkan dengan intensitas pertanyaan yang diajukan atas materi yang disampaikan. 

 

Kata kunci: Harga Pokok Produksi, Harga Pokok Penjualan, UMKM

Published

2021-04-24