Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Untuk Peningkatan Omzet UMKM

Authors

  • Yulia Nurendah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Ani Mekaniwati Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Dwi Maulina Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Abstract

Aspek pemasaran memegang peranan yang sangat penting. Produk yang disukai oleh konsumen, peetapan harga yang tepat, pemilihan lokasi dan saliuran distribusi yang tepat, serta promosi yang tepat akan dapat meningkatkan kinerja usaha naik dari sisi pemasaran maupun omzet yang diperoleh.

Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran untuk Peningkatan Omzet UMKM bertujuan untuk 1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkenaan dengan pengembangan produk dari sisi varian, kemasan, ukuran, merek, dan kualitas.2) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkenaan dengan penetapan harga produk yang menarik konsumen. 3) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkenaan dengan pengembangan saluran distribusi dan pemilihan lokasi bisnis yang tepat. 4) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkenaan dengan pengembangan strategi promosi

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut digunakan beberapa metode pelatihan, yaitu: Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, dan Metode Simulasi. Metode simulasi ini sangat penting diberikan kepada para peserta pelatihan untuk memberikan kesempatan mempraktekan materi pelatihan yang diperoleh. Harapannya, peserta pelatihan akan benar-benar menguasai materi pelatihan yang diterima, mengetahui tingkat kemampuannya menerapkan kegiatan berwirausaha secara tehnis dan kemudian mengidentifikasi kesulitan-kesulitan (jika masih ada) untuk kemudian dipecahkan.

Evaluasi keberhasilan pelatihan ini menunjukkan data sebagai berikut: sebanyak 81% peserta/pelaku UMKM dapat memahami dengan baik kegiatan pelaksanaan pelatihan pengembangan bauran pemasaran, Sebanyak 76% peserta/pelaku UMKM mampu mempraktekkan pengembangan bauran pemasaran, Sebanyak  78% peserta/pelaku UMKM bersedia mensosialisasikan kemampuan pengembangan bauran pemasaran kepada kolega. Memperhatikan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan pelatihan yang telah ditetapkan di awal memperoleh hasil yang optimal dan mencapai target.

 

Kata kunci : bauran pemasaran

Published

2021-04-24