Pelatihan Optimasi Media Sosial Untuk Peningkatan Omzet UMKM

  • Rahma Djati Kusuma Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Suci Sri Utami Sutjipto Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM akan pentingnya media sosial untuk kelangsungan bisnis, kemudian melakukan pembinaan agar pelaku UMKM memiliki akun Instagram for business dan dapat menggunakannya dengan efektif sesuai dengan best practice. Pelatihan Optimasi Media Sosial untuk Peningkatan Omzet UMKM ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam menggunakan akun media sosial bisnisnya sehingga berdampak terhadap perkembangan bisnis dan peningkatan omzetnya.

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi (1) ceramah untuk memaparkan data digital Indonesia saat ini, (2) diskusi untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi UMKM terkait media sosial, dan (3) simulasi sebagai sesi praktik sehingga diharapkan pelaku UMKM lebih memahami dan menguasai cara penggunaan media sosial Instagram untuk bisnisnya.

Kegiatan PKM ini telah dilaksanakan dan berjalan dengan lancer sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, serta mendapatkan hasil yang baik. Secara umum, peserta pelatihan yaitu 100 UMKM Juara Kota Bogor memberikan respon yang positif terhadap keseluruhan pelaksanaan pelatihan. Hal ini dikarenakan materi yang mereka dapatkan dari pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan dan dikemas dalam acara yang menyenangkan. Dukungan penuh serta apresiasi dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor diberikan kepada tim pelaksana serta LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan mulai dari tahap penjajagan atau observasi, hingga penyelenggaraan pelatihan. Kerjasama yang telah terjalin antara Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan dengan para pelaku UMKM serta Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor diharapkan dapat terus berlanjut dan dikembangkan di masa mendatang sebagai wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

 

Kata kunci: media sosial, UMKM

Published
2021-04-24