Penugasan Menjadi Pengawas Utama Dari UUO TPA BAPPENAS Untuk Ujian TOEFL-ITP Di Markas Besar Angkatan Darat (MABES AD) Dalam Rangka Seleksi Masuk Pendidikan Di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI

Authors

  • Bambang Hengky Rainanto Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Abstract

Tujuan diadakannya Ujian TOEFL-ITP di Markas Besar TNI AD adalah untuk Seleksi Masuk Pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia. Seleksi TOEFL-ITP merupakan salah satu seleksi yang digunakan untuk memilih kandidat  terbaik dari para perwira TNI AD.

Bahasa Inggris dirasa penting karena bukan sekedar bahasa asing, akan tetapi telah menjadi bahasa global yang harus dikuasai, apabila kita ingin mendapatkan informasi lebih banyak lagi tentang banyak hal, atau ketika kita ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. TOEFL ITP (Test Of English as a Foreign Language - Institutional Testing Program) merupakan tes yang mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris seorang individu yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

TOEFL ITP adalah tes yang menggunakan sistem pilihan ganda (multiple choice). TOEFL ITP Digunakan Untuk: (1)  Placement test dan tes evaluasi di lembaga-lembaga bahasa, (2) Bagian dari program pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karir dari lembaga pemerintah seperti Departemen Pendidikan Luar Negeri dan Pusat Pelatihan, BAPPENAS, BKPM, Departemen Perdagangan serta Bank Indonesia, (3) Persyaratan masuk atau kelulusan di jenjang insitusi pendidikan Indonesia yang lebih tinggi, (4) Persyaratan untuk daftar program beasiswa seperti Fulbright Foreign Program, Ford Foundation International Fellowship Program, PRESTASI, Australian Development Scholarships, StuNed, DAAD (German Academic Exchange Service), dan program beasiswa dari lembaga pemerintah seperti SPIRIT—BAPPENAS dan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

 

Kata Kunci : TOEFL-ITP, MABES AD, BAPPENAS, LEMHANAS

Published

2021-04-24