Penerapan SAK EMKM Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Untuk UMKM Menggunakan Aplikasi Ms. Excel

Studi Kasus Pada Cv Sumber Niaga

Authors

  • Ade Darmawan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Triandi Triandi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Abdul Roup Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i2.1334

Keywords:

accounting cycle, laporan keuangan, umkm, sak emkm

Abstract

Siklus Akuntansi merupakan proses penting yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis baik yang berskala mikro hingga yang sudah Go Public. Hal tersebut bertujuan agar dapat dihasilkan laporan keuangan yang andal untuk dijadikan dasar dalam proses pengambilan keputusan di masa mendatang. Dalam penerapan SAK EMKM, pelaku bisnis akan mengalami kesulitan apabila proses penyusunan masih dilakukan secara manual.

            Tujuan penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan rincian data, dokumen, dan buku pencatatan suatu entitas yang dijadikan sebagai bukti pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan ketentuan SAK EMKM, mempersiapkan sistem komputer Akuntansi menggunakan Ms. Excel sehingga mampu menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM. Penelitian ini dilakukan oleh penyusun di CV Sumber Niaga yang berlokasi di Jalan Raya Ciaruteun Km. 18 Bogor Barat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Sumber Niaga dalam proses penjalanan bisnis nya belum melaksanakan proses pembukuan sesuai siklus akuntansi yang memadai sehingga tidak dapat menghasilkan laporan keuangan yang memnuhi standar akuntansi yang disyaratkan (SAK EMKM). Proses penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan Ms. Excel diharapkan dapat mempermudah perusahaan dalam membuat dan menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM..

 

 

Keywords : Siklus Akuntansi, Laporan Keuangan, SAK EMKM.

Downloads

Published

2021-12-05