Sistem Penggajian Pegawai Sekretariat DPRD Kota Bogor

Authors

  • Wahyuti Wahyuti Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Yoyon Supriadi

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i2.1340

Keywords:

sistem gaji, pns, dprd

Abstract

Gaji merupakan suatu bentuk pembayaran secara berkala dari seorang majikan kepada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Dari sudut pandang pelaksanaan bisnis, gaji dapat dianggap sebagai biaya kebutuhan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasional perusahaan, dan karenanya disebut dengan biaya personel atau biaya gaji. Istilah lain dari gaji adalah honor dan upah. Gaji, upah, atau imbalan diberikan kepada pegawai sebagai balas jasa atas pekerjaan yang telah mereka lakukan. Gaji yang diberikan tentunya akan menunjang produktivitas kerja para pegawai.

Sistem penggajian sangatlah penting karena gaji merupakan komponen yang penting dalam manajemen suatu perusahaan, khususnya bagi para pegawai. Tanpa gaji, kemungkinan aktivitas operasional perusahaan tidak akan berjalan karena tidak adanya timbal balik atas jasa yang mereka lakukan di perusahaan tersebut. Untuk dapat memberikan gaji kepada karyawannya, Sekretariat DPRD Kota Bogor memerlukan suatu sistem penggajian yang dapat memperlancar arus pemberian gaji kepada pegawai.

Tujuan dari pembahasan ini yaitu untuk mengetahui bagaimana sistem penggajian pegawai sekretariat DPRD Kota Bogor, serta prosedur pemberian gaji dan apakah sistem yang dilakukan tersebut sudah efektif.

 

 

Kata kunci : Sistem, Gaji, Pegawai.

Downloads

Published

2021-12-06