Penyusunan Standar Laporan Keuangan EMKM Untuk Pengajuan Kredit Pinjaman Kepada Perbankan Pada Perusahaan Alif Production

Authors

  • Nurcholis Majid Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Yayuk Nurjanah
  • Rini Gusdiani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i2.1341

Keywords:

laporan keuangan, kredit usaha rakyat, emkm

Abstract

Penyusunan ini bertujuan untuk menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada Perusahaan Alif Production dan mengetahui berapa besar laba yang diperoleh oleh perusahaan setiap bulan nya, yang mampu di nilai likuiditasnya dan berguna sebagai pendukung pengajuan kredit usaha rakyat kepada perbankan.

            Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2015) dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK) No. 1 dikemukakan laporan keuangan merupakan bagian proses dari pelaporan keuangan dan laporan keuangan adalah suatu penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Laporan keuagan yang lengkap biasanya menilputi laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara misalnya, sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan atas laporan keuangan.

            Hasil penyusunan ini menunjukan bahwa banyak kendala-kendala yang mempengaruhi gagal nya pencatatan laporan keuangan, karena kurang nya pemahaman bentuk pencatatan keuangan yang dilakukan sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki pemilik usaha. Jadi, pengetahuan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap bentuk penyusunan laporan keuangan yang diterapkan di perusahaan Alif Production, dan tidak adanya pengawasan dari pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuanfan UMKM terutama dari pihak pemerintah, lembaga-lembaga terkait dan regulator. Padahal kepedulian terhadap pengembangan UMKM sudah mestinya menjadi tanggung jawab semua pihak sesuai dengan bidang yang digelutinya. Pihak perbankan menjadi salah satu pihak ketiga yang berhubungan terkait dengan permodalan UMKM adalam pihak perbankan.

            Hasil evaluasi pada penyusunan ini mengetahui bahwa Perusahaan Alif Production mampu mendapatkan laba sebesar Rp. 6.000.000 setiap bulannya, dimana perhitungan laporan laba keuangan dibuat oleh penyusun sehingga bisa menjadi pedoman pencatatan keuangan oleh pemilik perusahaan untuk bulan bulan selanjutnya. Dengan hal ini diharapkan perusahaan Alif Production konsisten dalam melakukan Pencatatan laporan keuangannya setiap bulannya guna untuk mengajukan kredit usaha rakyat kepada perbankan.

 

Keywords : Laporan keuangan, Kredit Usaha Rakyat

Downloads

Published

2021-12-06