Sistem Akuntansi Penjualan Produk Pada PT Hanwha Life Cabang Bogor

Authors

  • Pebi Pebrianti Chania Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Hendra Setiawan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i2.1343

Keywords:

sistem informasi akuntansi, penjualan, asuransi

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sistem yang dirancang untuk mengumpulkan dan menampilkan informasi akuntansi sehingga akuntan dan eksekutif perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat. Sistem ini dianggap sebagai komponen penting dari kantor keuangan di seluruh dunia. Sistem ini sebagian besar berbasis perangkat lunak dan dapat diterapkan sebagai bagian dari solusi teknologi informasi perusahaan.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penjualan produk yang diterapkan oleh perusahaan jasa yang melakukan proses penjualan produk, sistem ini untuk mengetahui cara penjualan produk yang dilakukan diperusahaan tersebut. Penelitian yang dilakukan penulis adalah di PT. Hanwha Life  yang berlokasi di Bogor. PT. Hanwha Life adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penjualan produk asuransi jiwa.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Hanwha Life telah menjual produknya dengan cukup baik. Produk-produk asuransi diperusahaan PT. Hanwha Life semakin bertambah. Untuk memastikan penjualan yang benar dalam suatu produk, selalu di alokasikan berdasarkan presentase yang diambil dari tingkat aktivitas untuk produk tersebut berbanding total aktivitas untuk seluruh produk yang ada di perusahaan.

            Hasil evaluasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa kelemahan ditemukan pada sistem penjualan produk ini, salah satunya adalah adanya masalah penjualan produk diperusahaan ini tidak stabil. Kondisi ini disebabkan oleh kondisi ekonomi yang menurun sehingga daya beli masyarakat juga ikut menurun. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perlu dilakukan promosi produk asuransi agar masyarakat semakin tertarik untuk membeli produk asuransi ini.

 

Keywords : SIA, Penjualan Produk, Asuransi

Published

2021-12-06