Penyusunan Laporan Keuangan PT. Simpul Tali Indonesia Berdasarkan SAK EMKM

Authors

  • Sri Febrilian Anugrah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Siti Ita Rosita

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i1.1346

Keywords:

laporan keuangan, sak emkm, ukm

Abstract

Penyusunan laporan keuangan sangat penting dilakukan oleh suatu entitas termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dalam Penyusunan laporan keuangan UMKM perlu menerapkan Standar Akuntansi Keuangan yang ada yaitu SAK EMKM agar Laporan Keuangan dapat tersaji secara wajar.

            Tujuan Penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui kondisi pembukuan di UMKM dan melakukan Penyusunan laporan keuangan UMKM sesuai dengan SAK EMKM. Penyusun melakukan peninjauan dan magang  pada PT Simpul Tali Indonesia yang beralamat di Sindang Panorama Regency Blok B7, Sindangbarang, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor ( 16117).

            Hasil peninjauan dan pembahasan Tugas Akhir menunjukan bahwa pembukuan pada PT. Simpul Tali Indonesia masih dilakukan secara manual dan belum mengikuti ketentuan dalam standar akuntansi keuangan. Perusahaan juga belum menyiapkan laporan keuangan, oleh karena itu penyusun mencoba melakukan Penyusunan laporan keuangan melalui siklus akuntansi sesuai dengan SAK EMKM. Diharapkan ke depannya,  PT. Simpul Tali Indonesia dapat memulai melakukan pembukuan secara sistem dan dapat menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM.

 

Kata Kunci :  Laporan keuangan, SAK EMKM

Downloads

Published

2022-04-04