Tinjauan Atas Laporan Program Dana Pensiun Berdasarkan PSAK 18 Pada PT Pos Indonesia.

  • Finna Aulia Ahmad Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Didit Pradipto
Keywords: dana pensiun, laporan keuangan, pt pos indonesia

Abstract

Pada umumnya Dana Pensiun sendiri ialah iuran sukarela yang dibayarkan oleh pegawai atau peserta pada saat ia masih berstatus pekerja disuatu perusahaan. Dana pensiun pada hakikatnya adalah manfaat yang dirasakan secara anuitas oleh seorang pekerja setelah menyelesaikan masa kerjanya. Menurut PSAK No. 18 menyatakan bahwa Dana Pensiun merupakan suatu badan hukum yang berdiri sendiri dan terpisah dari pemberi kerja, yang berfungsi untuk mengelola dan menjalankan program pensiun sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Latar belakang ini pula yang menarik untuk dikaji terkait penerapan PSAK No.18 terhadap Program Dana Pensiun pada PT Pos Indonesia.

Tujuan penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk dapat mengetahui penyusunan Laporan Keuangan Dana Pensiun dengan tepat, dan untuk mengetahui Program Dana Pensiun yang diikuti oleh PT Pos Indonesia.

Hasil tinjauan ini menunjukan bahwa Dana Pensiun yang berada di PT Pos Indonesia sudah sesuai dengan PSAK No. 18. Hal ini dapat dilihat dengan Laporan Keuangan yang diungkapkan oleh Dapenpos selaku badan hukum terpisah dari PT Pos Indonesia sendiri.

 

Keywords : Dana Pensiun, Laporan Keuangan

Published
2022-11-02