Tinjauan Atas Kepuasan Pelanggan BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor

Authors

  • Ade Yusdira Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Inggrid Rezkya Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i3.1522

Keywords:

kepuasan pelanggan, bpjs kesehatan, rsud, rumah sakit

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam berbagai kegiatan bisnis pada perusahaan. Kepuasan pelanggan adalah tanggapan konsumen terhadap evaluasi ketidak sesuaian yang dirasakan antara harapan yang sebelumnya dengan kinerja produk yang dirasakan. Dengan terpuaskannya keinginan dan kebutuhan para pelanggan, maka hal tersebut memiliki dampak yang positif bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1.) Mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan BPJS Kesehatan yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor. 2.) Untuk mengetahui hambatan pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Kota Bogor. 3) Untuk mengetahui upaya menangani hambatan pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Kota Bogor. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui pelayanan BPJS Kesehatan terhadap pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor telah mengupayakan pelayanan untuk pelanggan BPJS Kesehatan dengan cukup baik. Manfaat pelayanan yang cukup baik dapat dirasakan oleh pelanggan BPJS Kesehatan, sehingga memberikan kepuasan pada pelanggan di RSUD Kota Bogor.

 

Keywords : kepuasan pelanggan, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor

Published

2022-12-03