Tinjauan Atas Saluran Distribusi Pada PT. Pupuk Indonesia

Authors

  • Arnetta Izlyn Fahmi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Denta Purnama

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v3i2.1892

Keywords:

Saluran Distribusi, PT Pupuk Indonesia

Abstract

Saluran distribusi merupakan salah satu langkah awal perusahaan untuk mendapatkan keuntungan serta memperluas daerah jangkauan pemasaran dan menjadi salah satu elemen penting bagi sebuah perusahaan yang di mana produknya harus didistribusikan dengan baik oleh distributor yang berperan aktif sebagai jembatan antara produsen dan konsumen.

Adapun tujuan dari peninjauan yang dilakukan penulis adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Saluran Distribusi  pada PT. Pupuk Indonesia. 2) Untuk mengetahui bagaimana kendala Saluran Distribusi pada PT. Pupuk Indonesia. 3) Untuk mengetahui bagaimana mengatasi kendala saluran distribusi pada PT. Pupuk Indonesia.

Berdasarkan hasil peninjauan penulis mengetahui bahwa 1) Saluran Distribusi yang diterapkan pada PT. Pupuk Indonesia Saluran Distribusi Eksklusif, Distribusi Selektif, dan Distribusi Intensif. 2) Adapun kendala yang dialami oleh PT. Pupuk Indonesia yaitu, Sulitnya akses transportasi untuk mengirim pupuk ke daerah terpencil, Pemda setempat telat menerbitkan SK izin untuk menjual pupuk, dan Harga pupuk yang tidak stabil. 3) Adapun upaya untuk yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan cara pihak manajemen dari PT. Pupuk Indonesia yaitu menyediakan tenaga sales untuk menjangkau daerah terpencil, membuat sosialisasi kepada pemerintah mengenai pentingnya penggunaan pupuk, dan adanya penetapan harga HET pada kemasan pupuk.

Published

2024-02-07