Tinjauan Atas Saluran Distribusi Dan Harga Jual Produk Hidroponik Pada PT. Sarindah Wicaksana

Authors

  • Imaniar Astriani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sulistiono Sulistiono Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Danti Astrini Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v3i3.2137

Keywords:

Saluran Distribusi, Harga Jual, PT. Sarindah Wicaksana

Abstract

Perkembangan bisnis yang semakin pesat di bidang industri, menjadikan bisnis industri dapat dilihat sebagai suatu peluang untuk memperoleh keuntungan. Untuk itu pada kondisi saat ini, membangun bisnis adalah bagaimana perusahaan mampu menyampaikan barang produk atau jasanya pada konsumen dengan baik. Dalam mendirikan suatu bisnis, perusahaan juga harus mampu mempertimbangkan berbagai aspek, terutama pada aspek saluran distribusi dan harga jual suatu produk. Dengan perencanaan dan pertimbangan yang baik maka akan menjamin kesuksesan sebuah perusahaan dalam mendirikan usahanya. Tujuan dari peninjauan ini adalah untuk mengetahui : 1) bagaimana penerapan saluran distribusi dan harga jual produk hidroponik pada PT. Sarindah Wicaksana; 2) apa kendala dalam penerapan saluran distribusi dan harga jual produk hidroponik pada PT. Sarindah Wicaksana; 3) bagaimana upaya dalam mengatasi kendala penerapan saluran distribusi dan harga jual produk hidroponik pada PT. Sarindah Wicaksana. Hasil dari peninjauan ini yaitu : 1)  PT. Sarindah Wicaksana menerapkan saluran distribusi tidak langsung dengan intensitas saluran distribusi intesif dan penerapan harga jual produk menerapkan penetapan harga jual berbasis biaya dan persaingan; 2) adanya kendala saluran distribusi yang dialami, terbukti dengan keterbatasan perusahaan dalam memenuhi kebuthan konsumen dan adanya kendala yang dialami dalam penerapan harga jual produk pada PT. Sarindah Wicaksana, dibuktikan dengan adanya  persaingan serta perubahan harga yang tidak signifikan; 3) PT. Sarindah Wicaksana telah mengatasi kendala dalam penerapan saluran distribusi dan harga jual produk dengan cukup baik dengan cara berupaya menyesuaikan kebutuhan konsumen dan perubahan yang terjadi dalam aktivitas perusahaannya.

Downloads

Published

2023-12-30