Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor

Authors

  • Adela Putri Humairoh Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sinta Listari Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Rini Syarif Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i1.566

Keywords:

rekening, pembayaran, sistem, air

Abstract

Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan merupakan kegiatan penagihan atas tunggakan rekening air yang menerapkan sistem aplikasi SMS Gateway sebagai upaya penagihan, dimana aplikasi tersebut dapat memudahkan bagian penagihan dalam memberikan informasi tunggakan tagihan bagi pelanggan yang telah menunggak selama dua bulan dan tidak berlaku untuk pelanggan yang menunggak selama satu bulan atas pemakaian jasa rekening air. Apabila belum terjadi pelunasan pada tunggakan pelanggan, maka dilakukannya pemutusan saluran air oleh PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor.

            Tujuan penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui sistem penagihan rekening air pelanggan pada PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor. Untuk mencapai sasaran penelitian yang jelas dan terarah maka penulis merumuskan permasalahan mengenai Sistem yang diterapkan dalam  Penagihan Rekening Air Pelanggan, Tahap-tahap Penagihan , Faktor-faktor yang menjadi penyebab atas tunggakan tagihan rekening air serta Kendala yang muncul dalam sistem penagihan dan solusinya.

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan pada PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor antara lain memberikan informasi tagihan air atas tunggakan pelanggan. Dalam pembahasan tersebut menunjukkan perusahaan sudah memiliki Sistem Penagihan yang baik, sehingga semua aktivitas perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Kata Kunci : Penagihan, Tunggakan, SMS Gateway

Downloads

Published

2021-08-26