Prosedur Penagihan Dan Penerimaan Piutang Pasien Dengan Jaminan Dan Tanpa Jaminan Asuransi Pada Rumah Sakit Vania Bogor

Authors

  • Putri Alivia Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Triandi Triandi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i1.879

Keywords:

Prosedur Pendapatan, Risiko Piutang, Pengendalian Piutang, prosedur, penagihan, piutang, pendapatan, pengendalian

Abstract

Piutang merupakan aset lancar yang penting dalam aktivitas perusahaan. Akun piutang digunakan untuk mencatat, melaporkan jumlah tagihan perusahaan kepada pihak lain. Proses Pengakuan pendapatan dan pencatatan piutang harus diperhatikan oleh karena mengandung risiko tidak tertagihnya piutang atau klaim kepada pihak ketiga

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui prosedur penagihan dan penerimaan  piutang pasien tanpa jaminan asuransi di Rumah Sakit Vania, dan prosedur penagihan dan penerimaan klaim asuransi pasien  dengan jaminan asuransi pada Rumah Sakit Vania Bogor, serta untuk mengetahui pengendalian intern atas prosedur penagihan dan penerimaan piutang  pada Rumah Sakit Vania Bogor.

            Dari hasil penyusunan tugas akhir, diketahui bahwa Rumah Sakit Vania bekerjasama dengan perusahaan asuransi sebagai jaminan kesehatan pasien. Rumah Sakit Vania mempunyai prosedur baku penagihan dan penerimaan piutang. Rumah  Sakit Vania memiliki risiko atau ancaman dalam pengakuan pendapatan, proses penagihan piutang dan penerimaan kas terkait klaim asuransi yang terhambat, untuk itu dibangun prosedur siklus pendapatan dan penerimaan kas yang memenuhi unsur-unsur pengendalian intern, antara lain proses pencatatan terkomputerisasi, pemisahan tugas dan fungsi, otorisasi, validasi, verifikasi/pengecekan dan prosedur konfirmasi yang memadai.

 

Kata kunci : Prosedur Pendapatan, Risiko Piutang, Pengendalian Piutang.

Published

2021-08-04