Penerapan Strategi Lini Produk Pada Institusi Pendidikan

Authors

  • Vina Nuralviani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Ani Mekaniwati Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i3.1523

Keywords:

lini produk, digital, pendidikan

Abstract

Kebutuhan akan talenta digital di Indonesia yang meningkat menyebabkan terciptanya peluang pasar yang harus dipenuhi oleh perusahaan dengan menciptakan produk yang dapat menjadi solusi melalui suatu strategi pemasaran yang terukur dan terarah, seperti menerapkan lini produk untuk dapat menghadapi persaingan pasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui penerapan strategi lini produk di PT Clevio, 2) Untuk mengetahui kendala dalam penerapan strategi lini produk di PT Clevio, dan 3) Untuk mengetahui upaya menangani kendala dalam penerapan strategi lini produk di PT Clevio. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT Clevio menerapkan lini produk dengan mengkategorikan produk ke dalam dua kelompok. Pengelolaan lini produk yang dilakukan PT Clevio adalah dengan cara line filling, serta berdasarkan two-way stretch, dan PT Clevio melakukan modernisasi program dengan mengembangkan metode belajar serta memiliki program unggulan. Kendala yang dihadapi terdapat pada persiapan program, program berjalan, dan sesudah program dilaksanakan yaitu terjadinya perubahan prioritas pelanggan, kesalahan penetapan harga promo dan pelanggan yang kurang responsif dan kooperatif. Adapun upaya yang dilakukan yaitu memaksimalkan penjualan yang berfokus pada benefit program dan berusaha untuk selalu terhubung dengan pelanggan melalui sosial media dan telepon

 

Kata Kunci : Lini produk, Digital.

Published

2022-12-08