Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee

Authors

  • Ibnu Ria Puspita Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Adil Fadillah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Yudin Taqyudin Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i1.1358

Keywords:

keputusan pembelian, marketplace, onlineshop

Abstract

Di era perekembangan teknologi seperti sekarang ini, pembelian produk tidak hanya pada pembelian offline saja akan tetapi untuk memudahkan pelanggan, dapat melakukan pembelian menggunakan media online seperti marketplace Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. Keputusan pembelian merupakan pemikiran dimana individu mengevaluasi berbagai pilihan pada suatu produk dari sekian banyak pembelian. Dalam pembahasan ini disa dikatakan bahwa tahap dalam proses keputusan pembelian melalui platform Shopee dimana konsumen benar-benar membeli.

Menurut Kotler & Amstrong (2014), keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli di mana konsumen benar-benar membeli. Adapun tujuan penulisan dari Penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk meninjau kembali keputusan pembelian pada marketplace shopee dibanding dengan platform lain. Fenomena munculnya belanja online menimbulkan perilaku berbelanja pada semua kalangan, jumlah online shop yang semakin banyak menimbulkan animo masyarakat untuk lebih memilih berbelanja online. Kemajuan teknologi serta kemudahan dalam mengakses website toko online menjadi faktor pendukung yang melahirkan banyaknya online shop sekarang ini. Beberapa keuntungan yang menjadi faktor masyarakat memilih belanja secara online adalah lebih hemat waktu, model barang yang ditawarkan lebih bervariasi, lebih update tipe barang, serta lebih murah dibandingkan dengan harga di toko.

Downloads

Published

2022-04-13