Pendampingan Dasar-dasar Keuangan Bisnis Bagi UMKM Kota Bogor

Authors

  • Tri Marlina Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sinta Listari Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Muanas Muanas Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.1398

Keywords:

UMKM, laporan keuangan, harga pokok produksi

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemauan, pemahaman dan kemampuan para pelaku bisnis UMKM di Kota Bogor dalam membuat dan Menyusun laporan keuangan bisnis. Pendampingan dasar-dasar keuangan bisnis dalam program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan juga kemampuan para Pelaku Bisnis UMKM dalam membuat laporan keuangan bisnis sederhana terutama dalam penetapan harga pokok produksi yang akan berdampak pada peningkatan kinerja bisnis pelaku UMKM di Kota Bogor.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi (a) ceramah atau penyuluhan yang berisi penyampaian atau pemaparan informasi untuk materi yang bersifat umum dan teoritis, dalam hal ini adalah materi untuk memotivasi para pelaku bisnis UMKM agar mau menyusun dan mengestimasi harga pokok produksi sebelum memasarkan produknya, membuat laporan keuangan bisnis sederhana dan hal-hal lain yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta pelatihan, (b) tanya jawab yang memungkinkan para fasilitator menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang dasar-dasar keuangan bisnis, dan (c) simulasi untuk memberikan kesempatan mempraktekkan materi pelatihan yang diperoleh.

Kegiatan PPM yang telah dilaksanakan ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari program ini, dan mendapatkan hasil yang baik. Para Pelaku bisnis UMKM memperoleh sharing pengetahuan dan pengalaman tentang teknik membuat laporan keuangan sederhana terutama dalam penetapan harga pokok produksi. Secara umum, para pelaku bisnis UMKM memberi respon positif atas pelaksanaan kegiatan ini. Para Peserta pelatihan mengharapkan agar kegiatan pelatihan semacam ini dapat dilanjutkan di masa mendatang mengingat kebermanfaatan program ini.

Kata Kunci : UMKM, laporan keuangan, harga pokok produksi

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Marlina, T., Listari, S., & Muanas, M. (2021). Pendampingan Dasar-dasar Keuangan Bisnis Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 97–102. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.1398