Pelatihan Digital Marketing Dalam Mendukung Bauran Promosi UMKM Kota Bogor

Authors

  • Yulia Nurendah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Ani Mekaniwati Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Fadly Husaeni Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i2.1643

Keywords:

Digital marketing, bauran promosi, UMKM

Abstract

Pemerintah melalui KemenKopUKM mendukung percepatan transformasi digital secara holistik dengan memprioritaskan digitalisasi pada 7 aspek, yaitu akses pasar, pemantauan kualitas produksi, akses keuangan dan pembiayaan, manajemen organisasi, kapasitas produksi, pasokan, dan distribusi atau logistik.

Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkenaan :1) bauran promosi; 2) digital marketing; 3) digital marketing dalam mendukung bauran promosi UMKM. Langkah kerja dalam pengabdian masyarakat sebagai berikut : 1) Menetapkan jumlah peserta pelatihan yaitu UMKM di Kota Bogor; 2) Pelatihan.

Hasil pelatihan sebagai berikut : 1) Respon yang positif dari peserta, yang ditunjukkan dengan pertanyaan dan tanggapan yang diberikan selama pelaksanaan kegiatan; 2) Adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan pelaku UMKM ; 3) Memahami arti pentingnya dan bagaimana melakukan digital marketing dalam mendukung bauran promosi UMKM; 3) Digital marketing merupakan salah satu unsur pengembangan usaha yang perlu dibudayakan untuk dilaksanakan oleh pelaku UMKM; 4) Sarana sharing pengetahuan konseptual akademik dengan praktek pelaksanaan pengembangan pemasaran dalam kenyataannya.

References

Achmad, A. (2018). Pengaruh Pengguna E-commerce terhadap Transaksi Online
Menggunakan Konfirmasi faktor Analisis. Faktor Exacta, 11(1), 7.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi
Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta.
Association, M. M. (2007). Understanding Mobile Marketing Technology &
Reach. (May).
Atshaya, S., & Rungta, S. (2016). Digital Marketing VS Internet Marketing : A
Detailed Study. Digital Marketing VS Internet Marketing: A Detailed Study,
3(1), 29–33.
Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing .
International Journal of Management, 8(10), 321–339.
Baum, David, 1999, E-comemerce, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
Bakos, J. Y. (1991), A strategic analysis of electronic marketplaces. MIS
quarterly, 295-310.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Exellence. Planning and
optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.
Gao. 2005. Web Systems Design and Online Consumer Behavior. Idea Group Publishing.
Kotler. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga
Loudon. 2012. Kenneth C.dan Laudon, Jane P. 2012. Management Information Systems
- Managing The Digital Firm.12th Edition. Pearson Prentice Hall
Markerter, 2017. Pengertian Digital Marketing, Kelebihan, dan
Kelemahannya. SEO Market Digital Marketing: https://seomarket.id/pengertian-digital-marketing-kelebihan-dan-kelemahannya
Opiida. 2014. Pengertian E-Marketplac.
Pangestika. 2020. Mengenal Digital Marketing, Konsep dan Penerapannya.
Pradana. 2016. Perancangan Aplikasi Liva Untuk Mengurangi
Nomophobia Dengan Pendekatan Gamifikasi. Jurnal Teknik ITS,
(Online), Vol. 5, No. 1, Pradiani. 2017.
Todaro. 2000. Todaro, M.P. dan Smith, S.C. 2006. Pembangunan Ekonomi. Jilid I Edisi
Kesembilan. Haris Munandar (penerjemah). Erlangga, Jakarta
Turban. 2012. Electronic Commerce 2012: A Managerial and Social Network
Perspective, London: Pearson Education
https://www.bps.go.id, 2021
http://ciptakarya.pu.go.id , 2021
https://ekon.go.id, 2021
https://investor.id , 2021
https://www.kemenkeu.go.id ,2021
https://kbbi.web.id/revitalisasi, 2021
https://money.kompas.com , 2021
https://www.ojk.go.id, 2021
www.bisnisindonesia.com 2006
www.bisnisindonesia.com 2012
www.bisnisukm.com 2015
www.bps.go.id 2018
www.depkop.go.id 2016
www.kabupatenbogor.go.id 2016
www.kemenperin.go.id 2015
www.kemenperin.go.id 2018
www.ojk.go.id 2016

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Nurendah, Y., Mekaniwati, A., & Husaeni, F. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Mendukung Bauran Promosi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i2.1643