Pemanfaatan Digital Marketing UMKM Berbasis Kearifan Lokal Batik Bogor Melalui Media Sosial

Authors

  • Nani Cahyani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Marwan Effendy Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • TB. Dicky Faldy Syahid Noor Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i2.1644

Keywords:

Digitalisasi, media sosial , UMKM

Abstract

Program pengembangan UMKM yang diuusulkan dengan mengusung tema pemanfaatan digital marketing UMKM berbasis kearifal lokal batik Bogor melalui media sosial untuk para pelaku usaha dan pengrajin batik yang berada di Kampung Batik Cibuluh memiliki potensi yang luar biasa tinggi dan dapat dikembangkan menjadi suatu produk kerajinan berbasis kearifal local Bogor  dan destinasi wisata kota Bogor. Program ini diusulkan berdasarkan adanya permasalahan para pelaku usaha batik yang tergabung dalam komunitas kampung batik Bogor mempunyai pengetahuan dan skills yang kurang memadai terhadap digital marketing sebagai sarana dalam memasarkan produk mereka, sehingga sulit untuk meningkatkan omzet penjualannya.  Sementara digital marketing saat ini bisa dikatakan  sebagai sarana yang paling utama dalam proses mempromosikan produk. Tujuan dari program kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan solusi terhadap  permasalahan turunnya omzet di kalangan pelaku usaha batik, melalui pelatihan pemanfaatan digital marketing maka diharapkan  para pelaku usaha mampu untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilannya  dalam memasarkan produk dan meningkatkan omzet penjualan secara efektif dan efisien, disamping itu kegiatan ini mampu menghasilkan luaran PKM yang dapat digunakan dalam meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar serta berkontribusi secara langsung dalam pembangunan masyarakat Kota Bogor.

References

Astuti Harumi, Isharijadi, F. S. (2013). Marketing Strategy of Batik Tulis Kenongo to Compete During the Covid-19 Pandemic. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.15294/eeaj.v11i1.54029
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fitriana, Olivia H. Munayang, R. P. (2021). Peran Perempuan Dalam Pemulihan Ekonomi Usaha Mikro Dan Kecil Pasca Bencana Alam. Jurnal Sosial Humaniora, 12(April), 73–88. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.3329
Kurniadi, E., Nurlela, S., & Soegiarto, D. (2021). Program Kemitraan Masyarakat Inovasi Desain Produk , Manajemen dan Pemasaran Digital Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Dampak. Empowerment Societ, 4(2), 41–51. https://doi.org/https://doi.org/10.30741/eps.v4i2.695
Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods ( Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang ). Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98. https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.49
Lune, H., & Berg, B. L. (2017). Qualitative research methods for the social sciences (9th, Global Edition). Essex: Pearson Education Ltd.
Maya, V., Anam, S., & Huda, M. (2021). Marketing Communication Based Local Wisdom on Micro , Small , and Medium Enterprises During Pandemic Covid 19. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 618(Ijcah), 639–644.
Muttaqin, M. T., Fauziyah, A., Yusuf, I., & Rachmani, N. N. (2021). Analysis of Marketing Communication Strategies in Increasing Sales Volume of A.M Production House during The Covid-19 Outbreak. A Social Science and Entrepreneurship Journal, 1(1), 12–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10. 17509/xxxxt.v6i
Samsu, S. (2017). METODE PENELITIAN:(TEORI DAN APLIKASI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, MIXED METHODS, SERTA RESEARCH & DEVELOPMENT). PUSAKA Jambi.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
YBudiansyahusepAsep Sudraja, tOktora Y. S. S. M. D. W. S. (2021). Efforts To Increase the Competitiveness of Local Products in Global Competition in The Middle of The Covid-19 Pandemic , In Garut. REVIEW OF INTERNATIONAL GEOGRAPHICAL EDUCATION, 1(6), 249–261. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.06.30
Yuliningsih. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN UMKM MELALUI PENDEKATAN FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL. Jurnal Sosial Humaniora, 12(April), 98–108. https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/2354/2816

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Cahyani, N., Effendy, M., & Noor, T. D. F. S. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing UMKM Berbasis Kearifan Lokal Batik Bogor Melalui Media Sosial. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 3(2), 17–22. https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i2.1644