Inovasi Kemasan Dan Pemasaran Berbasis Teknologi Kunci Pengembangan Produk UMKM Kota Bogor

Authors

  • Yulia Nurendah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Ani Mekaniwati Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Soei Khim Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i2.1647

Keywords:

kemasan, umkm, teknologi, pendampingan

Abstract

Salah satu upaya pengembangan produk adalah melalui kemasan. Kemasan hendaknya dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan kesan positif. Kemasan produk merupakan hal yang paling penting dalam persaingan di dunia bisnis. Terutama untuk produk makanan yang mempunyai banyak pesaing di pasaran. Seiring dengan perkembangan waktu, desain kemasan bukan hanya sebagai pelindung, akan tetapi juga sebagai nilai seni yang menggambarkan keistimewaan produk, membujuk konsumen, filosofi produk, dan lain sebagainya. Kemasan kreatif juga dapat dipakai sebagai strategi pemasaran dan penguatan merek produk. Tantangan bagi para pelaku UMKM saat ini tentu berfokus pada pemasaran agar produknya mampu menjangkau semua elemen. Oleh karena itu pelaku UMKM harus melek terhadap teknologi sebagai solusi alternatif untuk mengembangkan UMKM. Tidak hanya itu, pelaku UMKM juga harus mengenal pemasaran online atau digital marketing sebagai langkah mudah berekspansi memasarkan produk secara online. masih banyak UMKM di Indonesia ini yang masih menggunakan metode pemasaran secara tradisional karena kurangnya penguasaan teknologi informasi, dimana hal ini menyebabkan kurangnya daya saing dibanding dengan ritel-ritel modern berbasis online, terutama daya saing untuk menarik perhatian kalangan muda yang terbilang konsumtif dan lebih banyak mengandalkan online shopping. Maka dari itu, dibutuhkannya pelatihan mengenai pengetahuan teknologi informasi untuk pengelolaan UMKM. kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2021, dengan metode Ceramah atau penyuluhan, Tanya Jawab dan Simulasi.

 

Kata Kunci: Kemasan, UMKM, Teknologi

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Nurendah, Y., Mekaniwati, A., & Khim, S. (2021). Inovasi Kemasan Dan Pemasaran Berbasis Teknologi Kunci Pengembangan Produk UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(2), 211–220. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i2.1647