Membangun Jiwa Kewirausahaan Dan Strategi Bisnis UMKM Kota Bogor

Authors

  • Donny Fahsani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sulistiono Sulistiono Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Edy Safni Rosa Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i2.1838

Keywords:

entrepreneurship, business strategy, small business

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perhatian ini termasuk mendukung langkah pemerintah untuk meningkatkan kekuatan ekonomi rakyat.  Denan pengabdian kepada masyarakat keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan yang diharapkan bisa memberikan kontribusi positif guna pengembangan perekonomian tersebut.

Kegiatan  pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap survei yaitu sosialisasi dilakukan dengan menyusun berbagai hal yang akan disampaikan pada saat kegiatan pengabdian yang akan dilakukan yang meliputi: penyusunan materi yang akan diberikan, penyusunan jadwal pemberian materi, pembagian tugas tim pengabdian dan survei ke lokasi pengabdian. Tahap sosialisasi yaitu sebelum kegiatan pengabdian dilaksanakan terlebih dahulu dilakukan tahap sosialisasi yaitu melakukan silaturahmi dengan kepala sekolah, menyampaikan maksud dan tujuan pengabdian ini. Pada tahap ini juga dilakukan jalinan kerjasama dan menentukan jadwal kegiatan pengabdian. Tim pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dosen Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen  sebanyak 3 orang. Tim pengabdian memberikan materi tentang Pelatihan Membangun Jiwa Kewirausahaan Dan Stategi Bisnis Skala WUB di Kota Bogor.

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan bagi Para Peserta Ukm Pemula di Kota Bogor agar mereka memiliki keterampilan tambahan dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki sehingga mereka memiliki bekal tambahan untuk menghasilkan pendapatan sendiri. Keterampilan dan pemahaman yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat diharapkan mampu memberikan memberikan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda Kota Bogor.

 

Kata Kunci: Jiwa Kewirausahaan, Stategi Bisnis,WUB

Downloads

Published

2023-07-16

How to Cite

Fahsani, D., Sulistiono, S., & Rosa, E. S. (2023). Membangun Jiwa Kewirausahaan Dan Strategi Bisnis UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 4(2), 151–156. https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i2.1838