Pendampingan Digital Marketing sebagai Strategi Meningkatkan Omset pada UMKM Kelurahan Gudang Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i2.1839Keywords:
digital marketing, small business, strategy, performanceAbstract
Era digital dimana hampir semua orang sudah memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengiklankan sebuah produk atau jasa hanya dengan handphone yang kita miliki, mulai dari sosial media seperti Facebook, Instagram dan berbagai platform online lainnya. Laporan dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menyatakan bahwa adanya pandemi ini berimplikasi pada ancaman krisis ekonomi yang ditandai dengan terhentinya kegiatan produksi di banyak negara, jatuhnya tingkat konsumsi masyarakat dan hilangnya kepercayaan konsumen. UMKM termasuk yang terdampak paling buruk akibat pandemi COVID-19. Banyak pelaku usaha yang menutup usaha mereka sementara waktu, adanya ketidakstabilan konsumsi masyarakat yang semakin dibatasi dan lebih jauh lagi yaitu adanya kendala arus kas. Dibutuhkan sistem perekonomian yang lebih handal dalam meminimalisir terjadinya krisis perekonomian. Dibutuhkan pula sumber daya manusia yang profesional. Ketika dua-duanya sudah kokoh maka tantangan perkembangan teknologi akan mudah dikendalikan. Kemampuan ahli digital dan internet mutlak harus dikuasai para pelaku UMKM jika ingin bertahan dalam persaingan usaha