Pelatihan Pembuatan E-Katalog Sebagai Media Penjualan Online Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kampung Cincau Kelurahan Gudang Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i1.2424Keywords:
umkm, pemasaran, e-catalogueAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang dimana pertumbuhan ekonomi di indonesia berkembang pesat secara materiil maupun non materiil, kebutuhan tersebut dapat berupa pengadaan barang/jasa. Tantangan yang dihadapi pelaku agroindustri mikro kecil me-nengah (UMKM) adalah mempertahankan pertumbuhan di pasar lokal dan global. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini juga telah berpengaruh terhadap perdagangan di Indonesia yakni adanya shifting behavior pola perdagangan menjadi berubah, yang semula dilakukan secara langsung (offline), saat ini dituntut untuk menjadi tidak langsung (online) agar usahanya tetap berjalan. Dalam mewujudkan keberhasilan pencapaian visi dalam sektor perekonomian pada tingkat yang lebih luas lagi dengan berkembangnya teknologi khususnya dalam pengadaan barang/jasa secara cepat, tepat, transparasi dan efisien dalam menjangkau costumer. Dalam Peraturan Presiden No 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini ditujukan untuk mempermudah UMKM dalam menjalankan pemasaran barang/jasa dengan melalui mekanisme E-Purchasing dengan sistem E-katalog, untuk menunjang pengadaan pemerintah pada era internet of Things (IoT) agar selaras dengan perkembangan jaman dengan tujuan agar organisasi lebih responsif, transparan dan accessible sehingga terjadi check and balance. E-katalog ini merupakan cara pemerintah dalam mendorong UMKM kembali bangkit di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal untuk menganggulangi dampak penurunan omset guna memperkokoh dan memberdayakan UMKM.
Kata Kunci: UMKM, Pemasaran, E-Katalog