Sosialisasi Penggunaan WA Business Kepada Pelaku UMKM Kampung Cincau Kelurahan Gudang Kota Bogor

Authors

  • Pingky Dezar Zulkarnain Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Adil Fadillah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Iriyadi Iriyadi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i1.2425

Keywords:

umkm, strategi pemasaran, WA Business

Abstract

Hampir semua UMKM yang baru merintis usahanya memiliki permasalahan tentang pemasaran dan belum memiliki strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualannya. Permasalahan yang sama pada Sebagian UMKM kota Balikpapan, terkait strategi pemasaran yang belum dapat meningkatkan profit di dalam usahanya. Dalam meningkatkan proses bisnisnya diharapkan pelaku UMKM harus memiliki strategi baik terutama dalam pemasaran hasil produknya baik melalui toko fisik maupun toko online. Setiap strategi pemasaran memiliki kelebihan dan kekurangan dalam proses pengelolaannya, terutama strategi pemasaran secara online. Pelaku UMKM kesulitan dalam mengadopsi strategi pemasaran jika hanya dilakukan secara mandiri tanpa merekrut pekerja yang ahli dalam promosi produk secara online. Sehingga, pada pengabdian masyarakat ini menjadikan WA sebagai media promosi, mengingat setiap pelaku UMKM sudah familier dan mudah memahami aplikasi yang ada di WA serta sudah adanya grup-grup jualan di WA mereka, namun mereka kurang populer dengan istilah WA Business. Melihat peluang itu, kegiatan ini akan fokus untuk melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis penggunaan WA Business yang dilakukan secara virtual karena kegiatan ini dilakukan pada masa pandemi. Hasil dari kegiatan ini, 5 pelaku UMKM sudah memiliki WA Business dan mampu melakukan update produk dan pemasaran secara mandiri. Metode yang digunakan untuk mengetahui peningkatan pemasaran dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif yaitu metode penelitian menggunakan data kuantitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Perbandingan mitra binaan yang mengikuti tutorial dan pendampingan mitra binaan sebanyak 25 orang sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan cara penggunaan aplikasi WA Business ada penurunan dari yang sebelumnya belum paham WA Business 28% menjadi 20%, ada peningkatan pemahaman yang awalnya 29% menjadi 60% dan dari tingkat tidak paham yang sebelumnya 43% terjadi penurunan sebesar 20%,

 

Kata kunci: UMKM, Strategi Pemasaran, WA Business

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Zulkarnain, P. D., Fadillah, A., & Iriyadi, I. (2023). Sosialisasi Penggunaan WA Business Kepada Pelaku UMKM Kampung Cincau Kelurahan Gudang Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i1.2425