Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor

Authors

  • Budi Setiawan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Adil Fadillah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.320

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Pendampingan

Abstract

Operasionalisasi bisnis sangat membutuhkan adanya kreativitas yang tinggi dan adaptif terhadap perubahan. Kreativitas dalam bisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, telah banyak mengubah cara pandang pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Tidak hanya pebisnis berskala besar, sektor UMKM pun dapat memanfaatkan hal ini untuk pemasaran bisnisnya. UMKM di Kota Bogor harus memiliki kemampuan dan keterampilan terkait kreativitas bisnis. Dengan ini, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor bekerjasama dengan STIE Kesatuan menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kreativitas UMKM dalam Pemasaran di Dunia Digital bagi UMKM di Kota Bogor, yang berlokasi di Hotel Grand Asana Pangrango Bogor. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan internet bagi operasional bisnis. Dengan ini, diharapkan terbentuknya pengetahuan dan pemahaman UMKM Kota Bogor akan keberadaan dan perkembangan teknologi informasi, bagi optimalisasi bisnis serta Tercapainya optimalisasi pengetahuan identifikasi survey pasar berbasis digital, dalam upaya meningkatkan kinerja bisnis UMKM Kota Bogor

 

Kata Kunci : UMKM, Pemasaran digital, Kreativitas bisnis

References

Amaefule, Leonard I., Onyekpere, Ulumma R., and Kalu, Edith O. 2018. International Financial Reporting Standards and Manufacturing Firms’ Financial Performance in Nigeria: A Study of Selected Quoted Firms. International Journal of Accounting and Taxation. Vol.6(1):103-114
Ariawati, 2005, Usaha Kecil dan Peluang Kerja, http://jurnal.unikom.ac.id/vol4/art7.html, diakses tanggal 3 maret 2005.
Hidayat, A. R., & Kumadji, S. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP KONSUMEN TERHADAP MOBILE ADVERTISING (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Aplikasi Media Sosial LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), 137-145.
Purba, J.H.V., Ratodi, M., Mulyana, M., Wahyoedi, S., Andriana, R., Shankar, K. and Nguyen, P.T., 2019. Prediction Model in Medical Science and Health Care. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8, pp.815-818.
Sulistiono, S., Fadillah, A. and Putrie, D.E., 2020, May. Factors Affecting Bogor Botanical Garden Visitors’ Intention Before and After the One Way System Application. In 2nd International Seminar on Business, Economics, Social Science and Technology (ISBEST 2019) (pp. 291-296). Atlantis Press.
Tan, A. M., Lestari, M. T., & Ali, D. S. F. (2016). Respon Konsumen Pada Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Pemuda Dan Olahraga Di Kawasan Wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. eProceedings of Management, 3(2).
Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Setiawan, B., & Fadillah, A. (2020). Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.320