Pendampingan Penguasaan Table Manners Untuk Bisnis Bagi Karyawan BPR Mandiri

Authors

  • Nani Cahyani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Ratih Puspitasari Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Rini Syarif Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.338

Keywords:

komunikasi bisnis, table manner, kolega bisnis, BPR

Abstract

Kegiatan makan bersama kolega dalam rangka berbisnis menjadi bagian yang seringkali tidak terpisahkan. Kegiatan yang sederhana ini memiliki dampak besar terhadap keberhasilan suatu kerjasama bisnis. Adat istiadat ketimuran menunjukkan bahwa menjamu makan rekan kerja atau kolega bisnis menjadi bagian yang penting untuk menjalin komunikasi yang hangat dan cair. Untuk itu menjadi penting bagi pelaku bisnis untuk menguasai konsep dan teknik table manner dengan benar. Tujuan diadakannya pelatihan Table Manners adalah untuk memberikan tutorial secara langsung mengenai bagaimana mengaplikasikan tata cara makan secara formal sesuai dengan kaidah table manners. Metode pelatihan melalui tutorial secara langsung, dimana seluruh partisipan diberikan jamuan makan siang mulai dari appetizer, soup, main course hingga dessert. Pada setiap course jamuan, diberikan pemaparan terkait food knowledge dan juga table manners. Penyampaian materi diberikan secara oral dengan bantuan power point pada layar televsi di dalam restoran. Melalui pelatihan ini, diharapkan partisipan dapat mengaplikasikan bagaimana berperilaku dan bersikap serta memahami tata cara dalam jamuan secara formal

 

Kata Kunci: bisnis, komunikasi bisnis, table manner, kolega bisnis

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Cahyani, N., Puspitasari, R., & Syarif, R. (2020). Pendampingan Penguasaan Table Manners Untuk Bisnis Bagi Karyawan BPR Mandiri. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.338