Pendampingan Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Emkm Dalam Penyajian Laporan Keuangan Umkm Sebagai Salah Satu Dasar Pengajuan Kredit Pinjaman Bank

  • Elsa Krismayanti Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Tri Marlina Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: SMES, financial report, SAK EMKM, smes, financial report, sak emkm

Abstract

Dalam perekonomian Indonesia Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan sektor usaha yang paling banyak dijalani oleh masyarakat Indonesia. UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian bangsa karena mampu menciptakan lebih besar pertumbuhan dan penyerapan tenaga kerja sehingga dapat mendorong  pertumbuhan ekonomi nasional secara berkesinambungan. Usaha mikro, kecil, dan menengah memiliki peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi dan keberadaannya mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat menengah ke bawah.

Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai laporan keungan untuk UMKM berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas, Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) juga dapat diterapkan oleh UKM dalam menyusun laporan keungan. Karena dengan laporan keuangan dapat mengetahui posisi keuangan dan kinerja perusahaan. Objek PKM ini adalah UMKM CV Rafila. Dalam artikel PKM ini diuraikan secara rinci mengenai tahap-tahap menyusun laporan keuangan.

Hasil pendampingan menunjukkan bahwa UMKM CV Rafila belum memiliki laporan keuangan yang sesuai Standar Akuntansi Keungan Entitas, Mikro, Kecil,dan  Menengah.UMKM CV Rafila hanya membuat pencatatan keuangan yang sangat sederhana dan tidak menggunakan laporan keuangan sebagai dasar untuk memperoleh tambahan modal dari pihak pendanaan / bank.

 

Kata Kunci : UMKM, Laporan Keuangan, SAK EMKM.

References

Atmaja, A.T., Nyoman T.H., dan Ni Komang, I. 2017. PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI DENGAN STANDARAKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DANMENENGAH (SAK EMKM)PADA USAHA TERNAK AYAM BOILER(Study Kasus Pada Usaha I Wayan Sudiarsa Desa PajahanKecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan).

Barus, I.N.E., Andi Indrawaty., dan Danna Solihin. 2018. “IMPLEMENTASI SAK EMKM (ENTITAS MIKRO, KECIL DAN MENENGAH) PADA UMKM BORNEO FOOD TRUCK SAMARINDA COMMUNITY”. Research Journal of Accounting and Business Management (RJABM) Vol. 2 No. 2.

Kumpulan Peraturan Kredit Usaha Rakat (KUR). 2018. Indonesia Tersedia pada: http://kur.ekon.go.id/upload/doc/Buku%20KUR%202018%20rev17012018.pdf

Martani, Dwi., 2016. Akuntansi Keuangan Mennegan Berbasis PSAK edisi 2 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.
Maulana, Firman., Wiwik Saraswati., dan Lorensius Bintang. 2018. Penerapan penyusunan laporan keuangan pada umkm berdasarkan sak emkm.

Ningtyas, J.D.A. 2017. “Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM)(Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan)”.RISET & JURNAL AKUNTANSI Vol. 2 No. 1.

Prajanto, Agung., dan Ira septriana. 2018. “Implementasi Penerapan SAK EMKMserta Dampaknya pada Kualitas Pelaporan Keuangan UMKM(Studi Kasus Pada UMKM Se Kota Semarang)”.Vol. 20 No. 2hal. 79-89.

Rafiqa, Falah. 2018. ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN TINGKAT KESIAPAN UMKM DALAM IMPLEMENTASI SAK EMKM DALAM PELAPORAN KEUANGAN DI KOTA PADANG.

Rahmah, Annisa. 2017. GAP ANALYSIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGANENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADAPENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN USAHA MIKROKECIL DAN MENENGAH (UMKM).

Rejeki, Dewi. 2017. “ANALISIS IMPLEMENTASI PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAKEMKM PADA PT BINTANG WIJAYA ABADI”.

Reza. 2017. “PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM SEBAGAI SALAH SATU DASAR UNTUK PENGAJUAN KREDIT PINJAMAN BANK”

Setiawan, Ade., & Ahmad Sholikin.2018. “Kesiapan UMKM Terhadap Implementasi SAK EMKM (Studi UMKM Di Kabupaten Blora)”. Journal of Islamic Finance and Accounting Vol. 1 No. 2.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah. 2016. Indonesia

Tatik. 2017. Implementasi SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah) Pada Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM XYZ Yogyakarta)

UU No.20 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Warsadi, Ketut Ari., Nyoman, T.H., dan I Putu, J. 2017. “PENERAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA KECIL MENENGAH BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH PADA PT. MAMA JAYA”. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 8 No. 2.

www.ukmindonesia.id

www.jdih.kemenkeu.go.id
Published
2021-06-08
How to Cite
Krismayanti, E., & Marlina, T. (2021). Pendampingan Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Emkm Dalam Penyajian Laporan Keuangan Umkm Sebagai Salah Satu Dasar Pengajuan Kredit Pinjaman Bank. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 27 - 36. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.474