Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor

Authors

  • Sulistiono Sulistiono Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Mumuh Mulyana Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Muhammad Fikri Firmansyah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.512

Keywords:

merek, kemasan, pendampingan, ukm

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia usaha menjadikan pengusaha berupaya untuk mendominasi pasar. Strategi pemasaran lewat pengembangan merek dan kemasan inilah sebagai saluran agar dapat menarik calon pembeli,

Merek merupakan investasi jangka panjang,apabila dikelola dengan baik akan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan yang mengelolanya. Disamping pengembangan merek, yang harus diperhatikan dalam sebuah produk adalah kemasan. Oleh karenanya, kemasan ini termasuk strategi produk, dengan cara memperbaiki bentuk luar dari produk, seperti pembungkus, etiket, warna dan lain-lain.

Dalam rangka pemenuhan ketercapaian dalam penjualan produk maka diperlukan adanya pemahaman tentang pengembangan merek dan kemasan . Salah satu yang perlu diberikan informasi tersebut adalah para pelaku UMKM yang merupakan penyumbang terbesar dalam perekonomian Nasional.

Sasaran kegiatan ini adalah pelaku UMKM di wilayah Bogor. Pertimbangan penetapan sasaran pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui pengembangan merek dan kemasan sehingga dapat meningkatkan volume penjualan UMKM.

Downloads

Published

2020-12-24

How to Cite

Sulistiono, S., Mulyana, M., & Firmansyah, M. F. (2020). Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 127–134. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.512