Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Tentang Pembukuan Keuangan Dan Laporan Keuangan Bagi Karyawan PT. Mahatani Di Kota Bogor

Authors

  • Muhammad Ariffin Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Heri Sastra Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Wimpi Srihandoko Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Donny Hendry Fahsani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.517

Keywords:

Akuntansi, Penyusunan Laporan Keuangan, Pengambilan Keputusan, akuntansi, laporan keuangan, pengambilan keputusan

Abstract

Setiap aktivitas usaha yang dilakukan oleh usaha kecil maupun  menengah memerlukan sebuah laporan keuangan yang mencerminkan kegiatan usahanya selama satu periode, dimana laporan keuangan tersebut dapat berguna untuk memantau jalannya usaha. Tujuan laporan keuangan yaitu menghasilkan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja dan arus kas dari entitas yang bermanfaat, guna pengambilan keputusan ekonomi oleh berbagai pengguna yang luas.

Tanpa laporan keuangan, akan kesulitan melakukan kegiatan manajerial yang penting bagi perkembangan usaha. Salah satu kesulitan yang dihadapi usaha kecil maupun menengah apabila tidak memiliki laporan keuangan adalah ketika usaha kecil dan menengah telah berkembang sampai melakukan kegiatan ekspor barang dengan perusahaan asing, maka laporan keuangan menjadi tolak ukur perusahaan asing untuk melakukan kerja sama karena di dalam laporan keuangan dapat menggambarkan bagaimana fluktuasi kinerja usaha dari tahun ke tahun.

Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan meningkatkan pemahaman dan kemampuan karyawan PT. Mahatani dalam pengelolaan dan penyajian transaksi keuangan.  Pelatihan penyusunan laporan keuangan bagi karyawan PT. Mahatani di Kota Bogor merupakan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas.

 

Kata kunci: Akuntansi, Penyusunan Laporan Keuangan, Pengambilan Keputusan.

Downloads

Published

2020-12-24

How to Cite

Ariffin, M., Sastra, H., Srihandoko, W., & Fahsani, D. H. (2020). Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Tentang Pembukuan Keuangan Dan Laporan Keuangan Bagi Karyawan PT. Mahatani Di Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 167–176. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.517