Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba

  • Dia Ahdiani Ajizah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Tri Marlina Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: Yayasan, pkm, psak 45, pendampingan

Abstract

Tujuan dari PKMini adalah untuk mengetahui bagaimana pencatatan atas penerimaan dan pengeluaran keuangan Yayasan  dengan mengacu pada ketentuan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45 dan untuk mengetahui bagaimana penyusunan dan penyajian laporan keuangan pada Yayasan dengan mengacu pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45.Penulis melakukan penelitian pada Yayasan Pambudi Luhur yang beralamat di Desa Cibening Satu Rt.02 Rw.05 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor dan Yayasan Pembimbing Masyarakat (Yapemas) yang beralamat di Jl. KH.Abdul Hamid Kp. Gn Handeuleum Rt. 01/07 Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pencatatan yang dilakukan Yayasan Pambudi Luhur dan Yayasan Pembimbing Masyarakat (Yapemas) merupakan pencatatan yang sangat sederhana, namun pencatatan yang dilakukan oleh yayasan pambudi luhur sudah dianggap cukup baik oleh para donatur yayasan akan tetapi pencatatan yang dilakukan belum sesuai dengan standarisasi pencatatan yang seharusnya dilakukan oleh organisasi nirlaba yaitu Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45. Penyusunan dan penyajian laporan keuangan yayasan pambudi luhur dan yayasan pembimbing masyarakat (yapemas) belum sesuai dengan standarisasi laporan keuangan organisasi nirlaba yaitu Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45.Dimana yayasan pambudi luhur hanya menyusun 2 laporan keuangan yaitu laporan posisi keuangan dan laporan aktivitas, sedangkan yayasan pembimbing masyarakat hanya mencatat 1(satu) laporan keuangan yaitu laporan aktivitas.

 

 

Kata Kunci :Organisasi Nirlaba, Laporan Keuangan, Pernyataan Standar  Akuntansi

Published
2021-07-04
How to Cite
Ajizah, D., & Marlina, T. (2021). Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(2), 11 - 20. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i2.778