Penentuan Harga Pokok Produksi Dan Harga Jual Produk Dengan Job Order Costing Pada UD Nasywa Toys

  • Widia Metta Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Iriyadi Iriyadi
Keywords: job prder costing, pendampingan, usaha dagang, harga pokok produksi, harga jual

Abstract

UD Nasywa Toys merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang industri konveksi boneka. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi peranan Job Order Costing dalam menetukan harga pokok produksi. Perhitungan harga pokok produksi merupakan hal yang sangat penting mengingat manfaat dan informasi harga pokok produksi adalah untuk menentukan harga jual produk. Harga pokok produksi harus ditentukan secara akurat agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengalisis perbandingan metode UD Nasywa Toy dan Metode Job Order Costing dalam perhitungan harga pokok produksi untuk penentuan harga jual.

UD Nasywa Toys menetapkan harga pokok produksi boneka hanya menggunakan dua komponen biaya yaitu biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja. Hal ini mengakibatkan kurang akuratnya perhitungan biaya sehingga dapat mempengaruhi penentuan harga jual produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan komperatif ,dimana peneliti akan membandingkan perhitungan harga pokok produksi menggunakan Metode Job Order Costing dengan perhitungan yang dilakukan UD Nasywa Toys.

Hasil perhitungan menunjukan bahwa dari perhitungan harga pokok produksi dengan metode Job Order Costing, apabila dibandingkan dengan harga pokok produksi yang digunakan UD Nasywa Toys memberikan hasil yang berbeda yaitu lebih besar menggunakan metode Job Order Costing. Hal ini disebabkan karena perhitungan yang dilakukan UD Nasywa Toys belum tepat dalam membebankan biaya overhead pabrik ke setiap produk.

Kata Kunci : Job Order Costing, Harga Pokok Produksi, Harga Jual

Published
2021-07-04
How to Cite
Metta, W., & Iriyadi, I. (2021). Penentuan Harga Pokok Produksi Dan Harga Jual Produk Dengan Job Order Costing Pada UD Nasywa Toys. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(2), 41 - 50. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i2.782