Pengaruh Pelaksanaan Etika Profesi, Kecerdasan Emosional, dan Faktor Perilaku Individu Terhadap Audit Judgement

Authors

  • Alfonsus Fernandes Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Kusuma Dewi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i3.1211

Keywords:

etika profesi, perilaku individu, audit judgement, kecerdasan emosional

Abstract

Dalam menghasilkan suatu laporan keuangan yang wajar perlu seorang auditor yang berperan dalam hal mengaudit suatu laporan keuangan dengan mempertimbangkan materialitas dan meminimalisasi risiko salah saji. Laporan keuangan itu perlu diaudit kewajarannya sebab kemungkinan terdapat kesalahan pada saat pengumpulan atau pengolahan, dan saat penaksiran risiko salah saji material, yang disebabkan oleh perilaku etika berprofesi, kecerdasan emosional dan perilaku individu terhadap Audit Judgement. Dalam pembuatan Audit Judgement, auditor memiliki kesadaran bahwa pertanggung jawaban itu sangatlah penting yang membuat auditor harus mempertahankan kepercayaannya dan kemampuannya atau skill yang di miliki auditor.

Audit Judgement dipengaruhi oleh banyak faktor, baik yang bersifat teknis maupun non teknis. Salah satu faktor teknisnya adalah adanya pembatasan lingkup atau waktu audit, sedangkan faktor non teknis seperti aspek-aspek perilaku individu yang dinilai dapat mempengaruhi Audit Judgement yaitu: gender, tekanan ketaatan, kompleksitas tugas, pengalaman, pengetahuan dan sebagainya. Perilaku individu yang mempengaruhi pembuatan Audit Judgement banyak menarik perhatian dari praktisi akuntansi maupun akademisi. Praktek dalam dunia bisnis sering sekali dianggap sudah menyimpang jauh dari aktivitas moral, bahkan ada anggapan bahwa dunia bisnis merupakan dunia amoral yang tidak lagi mempertimbangkan etika. Padahal pertimbangan etika penting bagi status profesional dalam menjalankan kegiatannya. Hal ini disebabkan karena tujuan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, sehingga setiap orang maupun perusahaan saling bersaing dalam mendapatkan keuntungan tersebut tanpa memperhatikan aspek-aspek lainnya. Profesi auditor merupakan sebuah profesi yang hidup di dalam lingkungan bisnis, di mana eksistensinya dari waktu-waktu terus semakin diakui oleh masyarakat bisnis itu sendiri.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Fernandes, A., & Dewi, K. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Etika Profesi, Kecerdasan Emosional, dan Faktor Perilaku Individu Terhadap Audit Judgement. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(3), 611–620. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i3.1211