PSAK 61: Akuntansi Hibah Pemerintah Dan Pengungkapan Bantuan Pemerintah

Authors

  • Muhammad Bara Viqih Cakrawala Telkom University
  • Ira Hanna Sembiring Universitas Telkom Bandung, Jawa Barat
  • Mulya Annisa Putri Telkom University
  • Petra Dwiranata Sitanggang Telkom University
  • Alhafizh Afkar Akmal Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i2.1299

Keywords:

PSAK 61, Grant Accounting, Disclosure of Assistance

Abstract

Dalam proses pembentukan laporan keuangan pada akuntansi keuangan, ada standar yang harus ditaati. Standar tersebut diperuntukkan untuk menyajikan laporan keuangan perusahaan dan untuk memberikan kemudahan dalam pemahaman atas laporan keuangan dengan beberapa standar yang serupa. PSAK 61 mengenai Akuntansi Hibah Pemerintah dan Pengungkapan Bantuan Pemerintah telah disahkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan pada 18 November 2010 dan telah dilakukan pnggesahan penyesuaian atas PSAK 61 pada 27 Agustus 2014.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis isi dari PSAK 61 yang mengatur tentang Akuntansi Hibah Pemerintah dan Pengungkapan Bantuan Pemerintah. Di sisi lain, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan bagi para pembaca dan dapat digunakan sebagai sumber literatur pada penelitian berikutnya. Dalam penelitian ini menggunakan literature review (kajian pustaka). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa studi kepustakaan (library research), kumpulan karya tulis ilmiah atau informasi yang berkaitan dengan tinjauan pustaka.

Hasil penelitian ini menunjukkan PSAK ini adalah bertujuan unutk pengalihan sumber daya dalam bantuan pemerintah dengan tepat ,dan mengungkapkan bentuk lain dari bantuan pemerintah guna memberikan indikasi sejauh mana entitas telah memperoleh manfaat atas bantuan tersebut selama periode pelaporan dan untuk memberikan perbandingan laporang keuangan entitas yang memperoleh bantuan dengan laporan keuangan periode sebelumnya dan dengan laporan keuangan entitas lain.

 

Keywords: PSAK 61, Akuntansi Hibah, Pengungkapan Bantuan

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Cakrawala, M. B. V., Sembiring, I. H., Putri, M. A., Sitanggang, P. D., & Akmal, A. A. (2022). PSAK 61: Akuntansi Hibah Pemerintah Dan Pengungkapan Bantuan Pemerintah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(2), 297–304. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i2.1299