Analisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan

Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Meyliza Meyliza Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Desi Efrianti

DOI:

https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.421

Keywords:

arus kas, kinerja keuangan, rasio keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja keuangan yang terlihat pada laporan arus kas pada perusahaan farmasi yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk menggambarkan tentang analisis laporan arus kas terjadap kinerja keuangan. Analisis laporan arus kas merupakan variabel bebas dan kinerja keuangan merupakan variabel terikat.

 

Hasil penelitian dari  sebagian besar perhitungan rasio arus kas menunjukan bahwa PT Kalbe Farma Tbk memiliki hasil kinerja yang lebih baik dibanding perusahaan lainnya PT Kimia Farma (Persero) Tbk hampir selalu menunjukan hasil kinerja yang lebih rendah dibandingkan perusahaan lainya. Hal ini dikarenakan PT Kimia Farma (Persero) memiliki arus kas aktivitas operasi yang bernilai negatif. Diharapkan semua perusahaan dapat meningkatkan kembali kinerja keuangan perusahaanya untuk tahun yang akan datang.

 

Penyajian laporan arus kas semua perusahaan farmasi yang diteliti menggunakan metode langsung. Informasi arus kas dari kegiatan operasi perusahaan dikelompokan menjadi arus kas masuk dan arus kas keluar. Selanjutnya, arus kas masuk dan arus kas keluar dirinci lebih lanjut ke dalam penerimaan dan pengeluaran kas sesuai dengan jenisnya.

 

 

 

 

 

Kata kunci : Arus Kas, Kinerja Keuangan, Rasio Arus Kas

Downloads

Published

2020-04-24

How to Cite

Meyliza, M., & Efrianti, D. (2020). Analisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 57–66. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.421