Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penilaian Kinerja Pada Pt. Taspen (Persero) Kc Bogor

  • Dwinia Lulu Hasna Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Rachmawaty Rachman Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: akuntansi pertanggungjawaban

Abstract

Kinerja merupakan salah satu faktor pendukung tercapainya tujuan perusahaan. Baik atau buruknya kinerja manajemen dapat dilihat dari penilaian kinerja. Salah satu yang dapat dipergunakan sebagai dasar penilaian kinerja adalah akuntansi pertanggungjawaban. Dalam penelitian ini membahas penilaian kinerja terhadap pusat pertanggungjawaban. Pusat pertanggungjawaban yang dimaksud adalah pimpinan perusahaan atau disebut dengan kepala cabang. Pengukuran hasil kinerja para manajer merupakan penilaian pusat pertanggungjawaban.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam penilaian kinerja pusat pertanggungjawaban pada PT. Taspen (Persero) KC Bogor.

Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif, yaitu menganalisis struktur organisasi, penyusunan anggaran, penggolongan biaya, susunan kode rekening, dan laporan pertanggungjawaban serta penilaian kinerja pusat pertanggungjawaban dengan menggunakan data relevan yang tersedia dan dibandingkan dengan landasan teori yang ada. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam penilaian kinerja pusat pertanggungjawaban dapat dikatakan cukup baik. Perusahaan sebaiknya melakukan pengidentifikasian jenis pusat pertanggungjawaban untuk mempermudah penilaian kinerja para manajer.

Kata Kunci: Akuntansi Pertanggungjawaban, Penilaian Kinerja Pusat Pertanggungjawaban

Published
2020-04-24
How to Cite
Hasna, D., & Rachman, R. (2020). Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penilaian Kinerja Pada Pt. Taspen (Persero) Kc Bogor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 67 - 76. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.422