Pengaruh Audit Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan

Studi Kasus pada PT Damar Bandha Jaya Corp. Bogor

Authors

  • Maulidina Dwi Putri Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Triandi Triandi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.423

Keywords:

Audit, Audit Internal, kualitas laporan keuangan

Abstract

Globalisasi pasar keuangan yang terjadi saat ini menuntut perusahaan untuk menyajikan pelaporan keuangan yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna. Pengungkapan dalam pelaporan keuangan merupakan mekanisme yang paling efisien dan efektif untuk mendorong manajer dalam pengelolaan perusahaan. Pada era modern ini peran audit internal sangat diperlukan untuk perkembangan manajemen organisasi khususnya di perusahaan. Audit internal digunakan untuk mendukung berjalannya manajemen perusahaan sebagai fungsi controlling yang menjamin perusahaan berjalan sesuai dengan perencanaan dan mengarah kepada tujuan. Peran fungsi audit internal menjadi lebih diperluas untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan yang awalnya hanya tanggung jawab manajemen. Fungsi audit internal digunakan sebagai sumber informasi yang independen mengenai berbagai aktivitas organisasi agar dapat membantu pengambilan keputusan yang obyektif dan akuntabel. Peran serta profesionalisme Audit Internal yang baik tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas dan kinerja keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh audit internal terhadap kualitas laporan keuangan pada PT. Damar Bandha Jaya terletak di Komplek Pamoyanan Sari No. 9 RT 02/01, kelurahan Rangga Mekar Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisa kuantitatif dengan data primer yang bersumber dari hasil pengumpulan data berupa kuesioner kepada responden pada perusahaan sebanyak 40 orang.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan audit internal dan kualitas pelaporan keuangan di PT. Damar Bandha Jaya sudah sangat baik. Sejalan dengan hipotesis dan penelitian terdahulu, hasil pengujian bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari audit internal terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik peranan audit internal dalam perusahaan maka akan semakin tinggi pula kualitas laporan keuangan yang akan dihasilkan oleh perusahaan. Karena auditor internal memiliki pengetahuan yang luas mengenai mengenai berbagai aspek di dalam perusahaan atau disebut juga sebagai internal kontrol perusahaan sehingga mereka dapat mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan secara efektif. Keterlibatan fungsi audit internal dalam proses pelaporan keuangan menghasilkan transparansi yang lebih tinggi pada operasi perusahaan.

 

Key Words: Audit Internal dan Kualitas Laporan Keuangan

Downloads

Published

2020-04-24

How to Cite

Putri, M. D., & Triandi, T. (2020). Pengaruh Audit Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan: Studi Kasus pada PT Damar Bandha Jaya Corp. Bogor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.423