Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Leverage Terhadap Manajemen Laba

Authors

  • Lorenzia Aldona Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sinta Listari Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.425

Keywords:

Profitabilitas, Leverage, Manajemen Laba, manajemen laba, profitablitas

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio profitabilitas dan rasio leverage terhadap manajemen laba. Manajemen laba merupakan permasalahan serius yang dihadapi oleh praktisi, akademisi akuntansi dan keuangan selama beberapa dekade terakhir ini. Manajemen laba seperti menjadi budaya perusahaan yang dipraktikkan semua perusahaan di dunia. Sebab dan akibat yang ditimbulkan dari kegiatan ini tidak hanya menghancurkan tatanan ekonomi, namun juga tatanan etika dan moral. Alasan penulis memilih perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai objek penelitian dikarenakan perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang berskala besar jika dibandingkan dengan perusahaan lain sehingga dapat melakukan perbandingan antara perusahaan satu dengan perusahaan lain. Alasan penulis mengambil objek perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi karena perusahaan sektor barang konsumsi merupakan salah satu perusahaan yang stabil dan tidak terpengaruh oleh keadaan perekonomian.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling, terdapat 37 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria-kriteria sampel yang dibutuhkan dengan periode pengamatan selama 3 tahun. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi statistik Statistical Package for Social Sciences (SPSS) sebagai alat uji. Metode analisis yang digunakan antara lain Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskesdatisitas, Uji Autokorelasi) dan Uji Hipotesis.

Variabel profitabilitas diukur dengan ROA (Return On Asset), ROE (Return On Equity), NPM (Net Profit Margin). Rasio Leverage diukur dengan DAR (Debt to Asset Ratio) dan DER (Debt to Equity Ratio). Sedangkan variabel manajemen laba diukur dengan menggunakan akrual diskresioner. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Berdasarkan hasil Uji ANOVA, Variabel profitabilitas dan leverage secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variabel manajemen laba. Dan secara parsial hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio profitabilitas (ROA, ROE, dan NPM) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Akan tetapi, rasio leverage (DAR dan DER) berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.

Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Manajemen Laba

Downloads

Published

2020-04-24

How to Cite

Aldona, L., & Listari, S. (2020). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 97–106. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.425