Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Dan Gaji Karyawan Terhadap Hasil Penjualan

Studi Kasus pada CV FahmaHair Bogor pada Tahun 2017-2019

  • R. Adelya Pamelda Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Didit Pradipto
Keywords: sales, production cost, marketing cost, production

Abstract

Pada masa sekarang ini, dimana kemampuan teknologi sudah sangat pesat yang berdampak pada setiap aspek kehidupan tak terlepas dari bidang usaha/bisnis. Persaingan yang amat ketat memaksa tiap perusahaan melakukan dan memberikan yang terbaik untuk para konsumen demi terpenuhinya keinginan konsumen dan tercapainya tujuan perusahaan. Selain itu, strategi terhadap hal yang berpengaruh sangat diperlukan, dalam hal ini penekanan biaya serta pemanfaatan bahan baku, sasaran pasar, serta kemampuan karyawan yang merupakan aset perusahaan menjadi kunci dari sebuah usaha pencapaian tujuan suatu perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya pemasaran, dan gaji karyawan terhadap hasil penjualan. Populasi dalam penelitian ini adalah data tiap variabel pada CV FahmaHair pada tahun 2017-2019, dalam hal ini didapatkan 36 data dimana data tersebut merupakan total variabel tiap bulannya dan selama 3 tahun (12 bulan X 3 tahun). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data sekunder. Analisa data menggunakan SPSS 24 dengan metode analisis yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2).

Hasil uji t menunjukkan bahwa, variabel biaya produksi memiliki nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 atau sig<0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa biaya produksi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil penjualan. Berbeda dengan variabel biaya pemasaran, dimana nilai signifikan sebesar 0,536>0,05 atau sig>0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa biaya pemasaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil penjualan. Variabel gaji karyawan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil penjualan yaitu dengan nilai signifikan sebesar 0,124>0,05 atau sig>0,05. Dari hasil uji F menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,874 atau 87,4% yang berarti bahwa biaya produksi, biaya pemasaran dan gaji karyawan mampu mempengaruhi hasil penjualan sebesar 87,4%. Sedangkan sisanya sebesar 12,6% (100%-87,4%) dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian ini.

 

Kata kunci: Biaya produksi, biaya pemasaran, gaji karyawan, penjualan.

Published
2021-04-30
How to Cite
Pamelda, R. A., & Pradipto, D. (2021). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Dan Gaji Karyawan Terhadap Hasil Penjualan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 93 - 108. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i1.485