Pengaruh Temuan Audit Dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Kementerian

Authors

  • Ghina Imtinan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • David HM Hasibuan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i2.488

Keywords:

Temuan Audit, Pengungkapan, Pemeriksaan

Abstract

Masyarakat saat ini menuntut akuntabilitas publik agar semakin menguat. Akuntabilitas publik dapat diartikan sebagai pemberian informasi maupun pengungkapan (disclosure) kepada pihak yang memiliki kepentingan mengenai kinerja dan aktivitas financial pemerintah. Pemerintah pusat dan daerah, dituntut juga untuk dapat memenuhi hak-hak publik karena perannya sebagai pemberi informasi. Dalam pemeriksaan laporan keuangan dimungkinkan untuk ditemukan temuan audit. Dari temuan tersebut BPK akan memberikan rekomendasi untuk ditindaklanjuti. Tindak lanjut hasil pemeriksaan akan meningkatkan kualitas laporan keuangan. Kualitas laporan keuangan yang baik tercermin dari tingkat pengungkapan yang semakin tinggi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh temuan audit dan tindak lanjut hasil pemeriksaan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan kementerian.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisisnya yaitu anaisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan sampel terpilih yaitu 13 kementerian di Indonesia selama periode pengamatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi yaitu mengambil dari internet dan literlatur.

Hasil penelitian ini menunjukan hasil bahwa secara parsial atau uji t oleh uji SPSS disimpulkan bahwa temuan audit dan tindak lanjut hasil pemeriksaan berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan kementerian. Untuk hasil uji f atau secara simultan temuan audit dan tindak lanjut hasil pemeriksaan berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan. Hasil uji simultan ini sesuai dengan teori yang mengatakan bahwa temuan yang ditemukan dan diberikan rekomendasi kemudian di tindaklanjuti akan meningkatkan pengungkapan laporan keuangan.

Dalam penelitian ini terdapat saran yang mungkin bermanfaat bagi kementerian yaitu agar mempertimbangkan temuan audit dan tindak lanjut hasil pemeriksaan untuk meningkatkan pengungkapan laporan keuangannya. Untuk peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat menambahkan sampel, tahun pengamatan atau menambah jumlah variabel agar hasil penelitian lebih variatif.

 

 

Kata Kunci: Temuan Audit, Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan, Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

Imtinan, G., & Hasibuan, D. H. (2021). Pengaruh Temuan Audit Dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Kementerian. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(2), 215–224. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i2.488