Efektifitas Pengendalian Intern Atas Sistem Informasi Akuntansi Penyaluran Kredit

Studi Kasus PT BPR Dana Mandiri Bogor

Authors

  • Asri Oktavia Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sudradjat Sudradjat

DOI:

https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i1.489

Keywords:

BPR, SIA, Akuntansi, Sistem Informasi

Abstract

Bank sebagai lembaga keuangan mempunyai fungsi utama untuk mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan yang tidak digunakan dalam jangka waktu panjang atau pendek oleh nasabah, tetapi dimanfaatkan untuk menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk pemberian pinjaman. Dalam hal ini bank membuat sistem akuntansi untuk ini didukung dengan menerapkan pengendalian internal dalam menilai keefektifan pengendalian yang dilaksanakan di perusahan. Karna pengendalian adalah hal terpenting untuk memantau segala jenis aktifitas yang dilakukan di perusahaan.

Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengendalian kualiatif ini membandingkan antara teori dan segala jenis praktek yang dilakukan oleh perusahaan. Mendeksripsikan sebagian langkah-langkah dan prosedur pengendalian intern tehadap sistem akuntansi penyaluran kredit. Tujuannya untuk mengetahui apakah pengendalian intern sudah berjalan dengan efektif atau belum.

Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa PT BPR Dana Mandiri Bogor menggunakan sistem yang bernama NBP yang segala jenis penginputan data hingga penyaluran dana di input pada sistem tersebut. Sistem NBP sudah berjalan secara baik dalam praktiknya.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Oktavia, A., & Sudradjat, S. (2021). Efektifitas Pengendalian Intern Atas Sistem Informasi Akuntansi Penyaluran Kredit: Studi Kasus PT BPR Dana Mandiri Bogor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 137–146. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i1.489