Peranan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku Dalam Menunjang Kelancaran Proses Produksi Dan Penjualan

Studi Kasus Pada Pt. Damar Bandha Jaya Corp. Bogor

  • Fikri Hermawan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Dessy Evianti Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: SIA, sistem informasi akuntansi, penjualan, laporan keuangan

Abstract

Sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku yang diterapkan oleh perusahaan dapat bermanfaat bagi para pimpinan dan manajer perusahaan, khususnya dalam pengambilan keputusan menentukan langkah - langkah yang akan diambil oleh perusahaan diantaranya dalam kegiatan proses produksi dan penjualan.

Objek penelitian adalah PT. Damar Bandha Jaya bergerak di bidang industri peternakan yang terletak di Jl. Soemantadiredja No.16 RT 02/RW 02 Kel. Pamoyanan, Bogor Selatan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku yang diterapkan pada perusahaan dan untuk mengetahui kelancaran proses produksi perusahaan serta untuk mengetahui peranan proses produksi dalam mendukung kelancaran penjualan. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku sudah memadai. Dapat dilihat dari lengkapnya unsur-unsur sistem informasi akuntansi persedian bahan baku berupa formulir dan pencatatan, alat dan kepegawaian serta laporan-laporan yang tersusun. Dan pelaksanaan proses produksi sudah berjalan dengan lancar dimana mendukung penjualan sehingga terjadi pertumbuhan penjualan di tahun 2019 sebesar 1,12%. Dan hal ini didukung pula oleh peran divisi produksi dalam memeriksa hasil produksi serta perawatan mesin.

 

 

Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Persediaan, Proses Produksi,

                  Penjualan

Published
2021-04-30
How to Cite
Hermawan, F., & Evianti, D. (2021). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku Dalam Menunjang Kelancaran Proses Produksi Dan Penjualan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 159 - 172. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i1.491