Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Bogor

Authors

  • Emilda Nur Safitri Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Pingky Dezar Zulkarnain Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i2.492

Keywords:

Kompetensi SDM, Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Internal, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bogor.

Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Dalam penelitian ini, karena data yang diperoleh merupakan data kualitatif, maka analisis kuantitatif dilakukan dengan cara mengkuantitatifkan data-data penelitian ke dalam bentuk angka-angka dengan menggunakan skala likert 5 poin.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan software SPSS versi 25.0 untuk mengolah data primer yang diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner kepada pegawai bagian akuntansi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Bogor yang berjumlah 20 responden dan kembali sebanyak 15 kuesioner.

         Berdasarkan hasil penelitian ini dengan melihat uji T menunjukan bahwa sumber daya manusia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, sistem pengendalian internal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

 

Kata Kunci: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Safitri, E. N., & Zulkarnain, P. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah: Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(2), 225–234. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i2.492