Pengaruh Kemudahan Bertransaksi Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pengguna Go-Pay

Studi Kasus Pada Kaum Millenial di IBIK Bogor

Authors

  • Taufik Ramadhan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Muhammad Ariffin Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Rini Syarif Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jikes.v1i2.1366

Keywords:

online transaction, online payment system, millenial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan bertransaksi  menggunakan fitur Go-Pay dilihat dari aspek kualitas layanan, harga, persepsi manfaat serta persepsi masyarakat dengan kehadirannya Go-Pay sebagai layanan transaksi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menyebar kuesioner pada 50 penggunaan fitur Go-pay dalam bertransaksi khususnya pada kaum millenial di IBIK Bogor.

 

          Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Penelitian kualitatif adalah data dari penjelasan kata verbal tidak dapat dianalisis dalam bentuk bilangan atau angka. Dalam penelitian, data kualitatif berupa gambaran mengenai objek penelitian. Data kualitatif memberikan dan menujukkan kualitas objek penelitian yang dilakukan. 

         

          Penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di masyarakat secara mendalam dengan mengumpulkan data secara lengkap. Hal ini menunjukkan bahwa dalam riset ini kelengkapan dan kedalaman data yang di teliti merupakan sesuatu yang sangat penting. Dalam penelitian ini data kualitatif yang digunakan berupa deskripsi pada kaum millenial di IBIK Bogor

           Sumber data yang digunakan adalah data primer, data primer adalah data yang diperoleh peneliti secara langsung dari narasumber yang diperoleh dengan wawancara dan observasi. Data ini bersumber dari kaum millenial di IBI Kesatuan Bogor.

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Ramadhan, T., Ariffin, M., & Syarif, R. (2021). Pengaruh Kemudahan Bertransaksi Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pengguna Go-Pay: Studi Kasus Pada Kaum Millenial di IBIK Bogor. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(2), 177–186. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i2.1366