Evaluasi Atas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Terhadap Efektifitas Pengendalian Internal Perusahaan

Studi Kasus Pada PT. Hero Supermarket Tbk. Cabang Giant Yasmin Bogor

Authors

  • Rahman Firmansyah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Hadi Sutomo Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jikes.v1i2.1368

Keywords:

sistem informasi akuntansi, pengendalian internal, pembelian

Abstract

Salah satu penyebab terjadinya kerugian pada perusahaan adalah kesalahan manajemen dalam mengambil keputusan karena informasi yang kurang baik dan tidak akurat. Dalam operasional pembelian pada perusahaan yang besar dan memiliki berbagai cabang tentu akan riskan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan PT. Hero Supermarket Tbk Cabang Giant Yasmin Bogor. Pengendalian internal pembelian diperlukan untuk menjaga aset perusahaan. Dalam hal ini, sistem informasi akuntansi tentunya menjadi peranan penting bagi suatu perusahaan untuk efektifitas pengendalian kinerja karyawan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi.

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada PT. Hero Supermarket Tbk Cabang Giant Yasmin Bogor menunjukan bahwa pengendalian internal dalam perusahaan sudah cukup baik, Meskipun dari hasil penelitian penulis menemukan kelemahan terkait pengendalian internal yaitu tidak adanya bagian khusus pembelian pada cabang Giant. Sedangkan Sistem informasi akuntansi pembelian yang diterapkan sudah dilakukan dengan baik dan terkomputerisasi sesuai dengan standar operasional yang ada.

 

 

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal, pembelian

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Firmansyah, R., & Sutomo, H. (2021). Evaluasi Atas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Terhadap Efektifitas Pengendalian Internal Perusahaan: Studi Kasus Pada PT. Hero Supermarket Tbk. Cabang Giant Yasmin Bogor. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(2), 197–208. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i2.1368