Tinjauan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bogor

  • Rosdiana Yusuf Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Hendra Setiawan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: information system, penggajian, akuntansi

Abstract

Latar belakang Sistem Informasi Akuntansi adalah organisasi formulr, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahlan pengelolaan perusahaan.

            Tujuan dari pembahasan ini yaitu: (1) mengetahui sistem informasi akuntansi penggajian pada kantor badan pertanahan nasional Kota Bogor (2) mengetahui dokumen – dokumen yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi penggajian pada kantor badan pertanahan nasional Kota Bogor (3) mengetahui efektifitas sistem penggajian pada kantor badan pertanahan nasional Kota Bogor.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Sistem informasi akuntansi sudah berkembang dalam tahapan sistematis manual dan terpusat di bagian keuangan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bogor tetapi sudah bisa disebut kesempurnaan atau keseluruhan. (2) adapun dokumen yang terkait diantaranya: dokumen pendukung perubahan gaji, daftar gaji, surat permintaan pembayaran(SPP), surat perintah membayar (SPM), surat perintah pencairan dana (SP2D), rekapitulasi daftar gaji dan upah, bukti kas keluar, dan slip gaji.

            Kesimpulan dari penelitian ini penggajian yang ada pada kantor badan pertanahan nasional kota bogor dengan menggunakan aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP) sudah relevan dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah dan juga memiliki data mengenai gaji pokok, tunjangan-tunjangan serta potongan-potongan yang dikeluarkan oleh kantor badan pertanahan nasional kota bogor

 

Keyword: Tinjauan, Sistem Informasi Akuntansi, Penggajian

Published
2022-07-17
How to Cite
Yusuf, R., & Setiawan, H. (2022). Tinjauan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bogor. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1). https://doi.org/10.37641/jikes.v2i1.1376