Sistem Informasi Pendaftaran Dan Pengajuan Dana Talangan Umrah Dan Haji Pada PT. Shabilla Eraldo Cabang Bogor

  • Nimas Putri Lanjar Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Samuel Sumantri Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: hajj, financing, managementsystem

Abstract

Dengan banyaknya lembaga penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah yang mengklaim bahwa lembaga tersebut mempunyai kualitas prima. Namun kenyataannya banyak dijumpai jama’ah yang terlantar bahkan tidak jadi berangkat haji dan umrah karena kelalaian para biro perjalanan. Sebab itu PT. Shabilla Eraldo Utama Cabang Bogor mengeluarkan paket “Berangkat Dahulu, Bayar Kemudian” melalui Dana Talangan dari AMITRA Syariah. Program dana talangan ini dilaksanakan berdasarkan prinsip syari’ah dengan akad al-qardh (pinjaman).

Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dari pengajuan dana talangan umrah dan haji kepada jamaah, serta mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang terjadi dalam pengajuan dana talangan tersebut. Penelitian ini dilakukan di PT. Shabilla Eraldo Utama Cabang Bogor yang berlokasi di Jl. Darul Quran No. 2 RT. 02/02 Kota Bogor.

Hasil dari pembahasan ini menunjukan bahwa PT. Shabilla Eraldo Utama Cabang Bogor telah merekrut banyak jamaah dengan proses pengajuan dana talangan ini.

 

 

Kata kunci : Haji, Umrah, Dana Talangan

Published
2022-07-17
How to Cite
Lanjar, N., & Sumantri, S. (2022). Sistem Informasi Pendaftaran Dan Pengajuan Dana Talangan Umrah Dan Haji Pada PT. Shabilla Eraldo Cabang Bogor. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1). https://doi.org/10.37641/jikes.v2i1.1383