IMPLEMENTASI METODE AAC DALAM PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA TERAPI KOMUNIKASI UNTUK ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)

Authors

  • Febri Fairuz Damatraseta
  • Septian Cahyadi
  • Suci Sri Utami Sutjipto Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Katarina Andrea Laurentia
  • Mahesa Alghifari

DOI:

https://doi.org/10.37641/jikes.v3i1.1704

Keywords:

SpokStar, Augmentative and Alternative communication, Rapid Application Development

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas dengan beberapa gejala, seperti kesulitan dalam interaksi sosial, kesulitan dalam interaksi sosial baik verbal maupun nonverbal, berperilaku terbatas berulang (Stereotype), gangguan proses sensorik dan motorik, Self-regulation. Salah satu metode terapi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan berinteraksi adalah metode Augmentative and Alternative communication (AAC). Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saat ini pengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) merasa masih sulit untuk mengajak orang tua untuk turut aktif dalam mengimplementasikan kembali materi berdasarkan silabus yang telah dirancang. Selain peran pengajar di SLB, orang tua juga memiliki peran yang penting selama proses terapi komunikasi yang sedang dilakukan oleh anak dengan ASD dengan melakukan repetisi pengajaran di sekolah. Oleh karena itu kami mengembangkan aplikasi SpokStar yang yang dikembangkan dengan metode Rapid Application Development (RAD), karena metode ini hanya membutuhkan 30-90 hari untuk merancang aplikasi. SpokStar sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang memiliki empat fitur utama, yaitu Flashcard, Kosa Kata, Collection, dan Report. Pada aplikasi ini, metode AAC hanya diimplementasikan pada menu Flashcard dan Kosa Kata. Dengan memanfaatkan SpokStar, komunikasi antara anak ASD dengan orang tua dapat lebih mudah serta mempermudah pengajar dalam mengarahkan orang tua untuk mengimplementasikan pembelajaran yang telah dirancang dalam silabus.

Published

2023-02-16

How to Cite

Damatraseta, F. F., Cahyadi, S., Sutjipto, S. S. U., Laurentia, K. A., & Alghifari, M. (2023). IMPLEMENTASI METODE AAC DALAM PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA TERAPI KOMUNIKASI UNTUK ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD). Jurnal Informatika Kesatuan, 3(1). https://doi.org/10.37641/jikes.v3i1.1704