Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

  • Nishrina Atharrizka Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Yayuk Nurjanah
  • Toni Andrianto Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: sistem informasi akuntansi, sistem pengendalian internal, laporan keuangan, pemerintah daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah Kota Bogor. Sample penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode sampling insidental yang diperoleh dari kepala sub bagian keuangan, bendahara dan staf bagian keuangan, maka di dapat responden 48 orang responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan langsung kuidioner kepada responden yang bersangkutan. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, dan  uji f, dengan bantuan SPSS 26.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Sistem Informasi Akuntansi (SIA) tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, (2) Sistem Pengendalian Internal (SPI) tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan,.

Kata Kunci : Sistem informasi akuntansi, sistem pengendalian internal, kualitas laporan keuangan pemerintah daerah

Published
2021-12-10
How to Cite
Atharrizka, N., Nurjanah, Y., & Andrianto, T. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(2), 107 - 116. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i2.889